Senin, 29 Februari 2016

"Wonogiren", Batik Khas Daerah Wonogiri yang Legendaris




Kerajinan Batik Wonogiren, Asset Budaya Kota Wonogiri

Sudah pernah ke Wonogiri?. Kalo belum, yuk! kenalan dengan Wonogiri. Kota kecil disudut selatan Jawa Tengah. Wonogiri merupakan kota budaya, selain itu, kota ini ternyata mempunyai asset budaya dari tangan putra-putri nya. Asset ini bernilai sangat ekonomis untuk bersaing secara nasional, yakni batik tulis asli Wonogiri. Batik Wonogiri adalah batik yang berasal dari Kabupaten Wonogiri, yang dikenal dengan batik Wonogiren.

Dalam sejarahnya, batik Wonogiren mulai dikenal pada tahun 1910 an, saat pejabat keraton memberi tugas kepada abdi dalem untuk bertugas di daerah Tirtomoyo Wonogiri. Itu sebab, sampai hari ini, banyak kerajianan batik Wonogiren yang masih berproduksi di daerah Tirtomoyo. Tetapi tidak hanya di Tirtomoyo, pengrajin batik juga tersebar di beberapa kecamatan di Wonogiri.

Dulu Batik Wonogiren ini termasuk batik yang sangat jarang dan langka. Salah satu sebabnya adalah terbatasnya jumlah pengrajin dan kurangnya perhatian dari pemerintah. Namun, karena Usaha Kecil Menengah atau UKM Batik Wonogiren adalah warisan budaya asli yang harus di lestarikan, maka Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Wonogiri menyediakan showroom khusus sentra batik khas Wonogiren tersebut.

Jika kita berwisata ke Wonogiri, showroom Sentra Batik Wonogiren bisa kita jumpai  di Jl. Ir Sutami no. 4 Wonogiri. Terdapat lebih dari 13 Industri Kecil Menengah atau IKM batik Wonogiren yang dipajang disana. selain pengrajin yang tersebar di wilayah Wonogiri.

Dengan dibukanya sentra batik Wonogiren ini, makin mudah bagi konsumen untuk mencari batik asli Wonogiri. Pemasaran batik juga akan semakin mendongkrang pendapatan daerah Wonogiri. Pembukaan sentra batik ini baru dilakukan pada tanggal 3 Maret 2015 lalu. Bertepatan dengan HUT Dekranasda ke 35.

Industri Kecil Menengah batik Wonogiren rata-rata berada di luar kota. Paling banyak terdapat pada Kecamatan Tirtomoyo. Pada kecamatan ini terdapat beberapa pengrajin batik yang masih menggunakan cara tradisional untuk membuatnya, yaitu menggunakan biji buah malam, dan juga canting.

Batik Wonogiren mempunyai karakter unik dalam corak batiknya, menggunakan dasaran warna kuning kecoklatan, beberapa corak bisa dikenali, ada corak Bledak yang digambarkan dengan lukisan bunga, dan corak Babaran berupa guratan pecah. Ragam corak yang dimiliki saat ini juga disesuaikan dengan selera pasar, biasanya cenderung melakukan kombinasi yang beragam antara motif tradisional dan motif modern.

Banyak dari corak dan motif batik Wonogiren yang terinspirasi dari pengembangan motif batik klasik dari Keraton Mangkunegaran, Surakarta. Namun sekarang motif batik banyak dipengaruhi oleh adanya tren yang berkembang di masyarakat. Apalagi sekarang ini tidak hanya orang tua saja yang gemar memakai batik, muda-mudi juga banyak yang menyukai batik untuk dipakai di acara acara penting.

Produk Fashion dari Batik Wonogiren

Ada beberapa jenis batik klasik yang sangat popular dan tentu mempunyai ciri khas bagi penggunanya. Motif tersebut antara lain adalah, motif batik Truntum, motif batik Sidomukti, motif batik Sidomulyo, motif batik Wahyu Tumurun, motif batik Latar Putih, motif batik Bledak, motif batik Parang Rusak, dan motif batik Parang Barong. Motif tersebut dapat dikombinasikan dengan karakteristik batik Wonogiren sehingga nama batik Wonogiren kian popular.

Harga batik Wonogiren sangat variatif. Untuk batik cap dibandrol dengan harga Rp 65.000,-. Untuk anda yang berselera tinggi setidaknya butuh budget minimal satu juta supaya bisa  memiliki satu lembar kain batik. Mahalnya harga dikarenakan proses produksi yang lama, setidaknya butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan satu lembar batik tulis Wonogiren.

Walaupun usaha ini dulunya terkendala dalam proses pemasaran, namun sekarang Batik Wonogiren sudah sangat poluer dan dapat bersaing dengan batik yang berasal dari kota lain, seperti Pekalongan, Surakarta, dan kota lainnya. 

Jadi, kalo jalan jalan ke Wonogiri, jangan lupa untuk membeli batik Wonogiren ini sebagai oleh oleh khas daerah Wonogiri yah..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada ide, saran, atau kritik, silakan tulis disini :