Kamis, 04 Februari 2016

Warung Kaya Kue, Pusat Jajanan Rumahan Khas Tegal



Warung Kaya Kue, menjual jajanan rumah tangga khas Tegal


Salah satu keunikan Indonesia adalah keanekaragaman suku, bahasa, dan tentu makanan khas daerah. Masing masing daerah memiliki dialek bahasa dan makanan dengan cita rasa unik. Seperti yang bisa kita jumpai di daerah Tegal ini. Jika kita jalan jalan di sekitar Pasar Langon, akan kita jumpai sebuah warung kue dengan nama unik dan jajanan yang dijual khas Tegal. Namanya “Kaya Kue”. Jika dalam bahasa Indonesia berarti “berlimpah kue”, namun kalo diartikan dalam bahasa tegal akan berbeda makna nya. Kaya dalam bahasa tegal berarti “mirip” atau “seperti”. Sedangkan “Kue” dalam bahasa tegal berarti “itu”. Nama warung yang ear catching menjadikan warung ini mudah dikenal khususnya di daerah Tegal. 

Warung Kaya Kue berlokasi di Jl. Werkudoro no. 111, Kota Tegal. Persis di seberang Pasar Langon, Tegal. Menyediakan jajanan basah dan kue kering khas Tegalan. Menurut pemiliknya, Ibu Ain Fahmi, kue kue yang dijualnya berasal dari kue rumahan yang dibuat oleh ibu ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya. Ada bongko, nagasari, bolu kukus, bolu coklat, risoles, sambosa, bongko roti, arem arem, tahu isi, karamel, martabak mini, puding telor ceplok, bacang, lumpia, latopia, dan lain lain. Harganya variatif, tiap item berbeda beda, dari mulai 1.000 rupiah sampai 1.800 rupiah. Sementara kue kering dijual kisaran 3.000 hingga 8.000 rupiah.

Ide membuat warung Kaya Kue berawal dari banyaknya ibu ibu di lingkungannya yang mengeluh dengan kondisi keuangan keluarga yang pas pasan dan malah kekurangan, dikarenakan penghasilan suaminya tidak cukup untuk kebutuhan sehari hari. Sedangkan ibu ibu ini dilihatnya banyak waktu luang dan mempunyai keahlian membuat aneka jajanan. Nah, dalam rangka menampung kreatifitas dan produktifitas ibu ibu rumahan di bidang kuliner, ibu Ain berinisiatif membuat warung untuk menampungnya, dan diberi nama “Kaya Kue”. Misi nya tentu saja untuk membantu perekonomian keluarga, agar ibu ibu itu bisa menghasilkan uang untuk membantu suaminya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari, tanpa meninggalkan kewajibannya mengurus anak.

Karena namanya unik, khas, dan kue nya fresh, dagangan warung Kaya Kue laris manis dipasaran. Bahkan supply kue dari ibu ibu sekitar menjadi keteter, dan belakangan beberapa yang mengisi lapak kue nya itu adalah orang-orang baru yang sengaja membuat kue untuk titip di lapak nya. Kebanyakan langganannya membeli  kue untuk konsumsi rapat, seminar, pengajian, dan hajatan. Warung Kaya Kue buka dari dari jam 05:30 pagi sampe jam 15:00 sore. 

Aneka Jajanan di warung Kaya Kue

Harapan ke depan, dengan berbisnis sambil membantu perekonomian ibu ibu sekitar lokasi lapak, akan semakin banyak lagi perempuan perempuan yang produktif yang bisa bergabung, tanpa harus dilema mengurus keluarga. Karena beberapa ibu masih curhat ke dirinya, kalo pendapatan suaminya masih jauh dari cukup. Semoga dengan “Kaya Kue” bisa menjadi secercah harapan untuk orang tersebut, seperti nama lapaknya, warung Kaya Kue yang bisa juga di artikan menjadi kaya berkat jualan kue.

Untuk yang berdomisili di sekitar wilayah Tegal, warung Kaya Kue juga menerima pesan antar kue untuk wilayah Tegal dan sekitarnya. Pesan melalu telpon 085701303727 atau Pin BB 7dfc665d. Dengan senang hari Ibu Ain akan mengantarkannya untuk anda.

4 komentar:

  1. Semoga warung kaya kue.. Seberuntung nama yg diberikan ya ki..

    BalasHapus
  2. semoga ya, niat baik biasanya nasib nya baik :)

    BalasHapus
  3. Tegal itu full kulineran hehe. semoga warungnya laris ya

    BalasHapus
  4. amiiin.... terimakasih mbak Ila sudah mampir. kapan kapan kalo kopdar konsumsi nya pakai jajanan di Warung Kaya Kue aja yak. he he..

    BalasHapus

Jika ada ide, saran, atau kritik, silakan tulis disini :