Jumat, 19 Februari 2016

Sosis Bakar Mba Retno, Efek “MEA” nya Kota Tegal

Sosis Bakar mba Retno

Ibarat sebuah negara di Asia Tenggara yang lagi rame rame nya MEA, dimana barang dan jasa bisa bebas bermigrasi antar negara, Kota tegal juga mengalami fenomena MEA, hanya saja lingkupnya saja yang kecil, antar kota tetangga :v. Jika dulu hanya jajanan pasar seperti klepon, ketan, gemblong dan makanan khas made in lokal yang biasa menemani sajian teh poci, sekarang warga Tegal mulai menerima jenis jajanan yang lain seperti Seblak dari Bandung, kue Cubit, Sempolan dari Pekalongan, dan yang aneka jajanan modern yang benar benar produk luar negeri, seperti Pizza dan Sosis bakar.

Banyaknya peminat Sosis bakar membuat mba Retno berinisiatif untuk berjualan Sosis bakar. Hal ini ia lakukan untuk mengisi waktu luangnya agar bisa bermanfaat dan menghasilkan uang. Kebetulan Serabi Adel Solo masih ada space kecil [baca : Serabi Adel, Wisata Kuliner Asli Tegal Rasa Solo], Jadi sekalian saja berjualan Sosis Bakar disitu. Secara kebetulan mba Retno masih ada hubungan famili dengan owner Serabi Solo Adel.

Proses Sosis Bakar sendiri cukup mudah. Hanya dengan saus sambal, mentega, kecap sebagai bumbu sosis. Jika ada pembeli yang meminta rasa pedas biasanya akan ditambahi lebih banyak saus sambalnya. Produk sasus sambal yang digunakan pun bukan produk abal-abal. Kemudian alat pembakaran agar sosis bisa matang dan meresap bumbu. Menurut Mba Retno Sosis Bakar ini paling enak di santap saat masih hangat. Itu sebab beliau baru akan membuat Sosis bakar bila sudah ada pembeli. 

Salah satu hal yang menjadi kendalanya adalah mencari agen sosis yang sesuai dengan kriterianya. Mbak Retno menyadari, jika salah memilih sosis maka rasanya dan aroma sosis bakarnya tidak lagi istimewa. Kebersihan bagi mba Retno merupakan prioritas utama. Mba Retno menggunakan pembakaran modern tanpa arang, begitu juga dengan pisau yang digunakan, bersih bebas karat. Untuk penyimpanan sosis juga harus di dalam termos lengkap dengan es batu. Perlakuan istimewa itu yang membuat Sosis bakar mba Retno menjadi makanan spesial dibanding penjual sosis kebanyakan. 


Peralatan Untuk Membuat Sosis Bakar mba Retno

Salah satu prinsip yang digunakan mba retno dalam berjualan Sosis bakar adalah sabar dalam mencari pelanggan dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik, sehingga usaha ini bisa awet lancar, dan disukai pelanggan.

Di bandrol dengan harga Rp. 1,500 warga Tegal bisa menikmati sajian Sosis Bakar hangat ala Mba retno. Sosis Bakar mba Retno berlokasi di Jl. Teuku Umar, Debong Kidul, Jalan Dua (samping Serabi Solo Adel). Selain melayani pelanggan yang datang langsung, Sosis Bakar mba Retno juga bisa dipesan untuk berbagai acara, seperti Pengajian, Arisan dan lain-lain, dengan menelepon ke nomor 08883111116.

4 komentar:

  1. wah, di Debong ya, ki? cobain ah kapan2 ke sana

    BalasHapus
  2. iya mbak, dekat rumah nya mbak Widhi.
    mampir yo mbak, atau pesn via telepon juga bisa koq...

    BalasHapus
  3. Bener mas.. Saat ini makanan tradisonal mulai bergeser peminatnya diganti sama yg lebih modern #katanya....

    BalasHapus
  4. iya mba ila depan toko ku...maen kesiniii

    BalasHapus

Jika ada ide, saran, atau kritik, silakan tulis disini :