Kamis, 03 Maret 2016

5 Jenis Pilihan Usaha di Saat Krisis



5 Pilihan Jenis Usaha di Saat Krisis

Ketidakstabilan kondisi ekonomi nasional akhir akhir ini sangat besar pengaruhnya terhadap bisnis perusahaan. Kondisi yang penuh ketidakpastian membuat kawatir para pemilik modal, sehingga mereka memilih cara "aman" dengan menarik investasinya. Otomatis, banyak perusahaan perusahaan besar melakukan efisiensi dengan melakukan pengurangan karyawan, dan bahkan gulung tikar karena ditinggal investor. Kondisi ini berefek pada bertambahnya angka pengangguran, entah karena PHK atau dirumahkan.

Tidak hanya industri besar, industri kecil sekelas UKM juga mengalami hal serupa, utamanya bagi pelaku UKM yang mempunyai link bisnis dengan perusahaan perusahaan besar yang terkena dampak ketidakstabilan ekonomi. Tentunya mereka akan merasakan perubahan supply and demand nya, sehingga perputaran bisnis usahanya akan mengalami  transisi. Kondisi ini semestinya sudah bisa diperhitungkan jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk memilih jenis usaha, agar bisa bertahan saat kondisi seperti itu.

Nah, buat para calon pengusaha dan baru akan merintis usaha, semangat berwirausaha nya jangan sampai  kendor gara gara melihat fenomena diatas yah. Ketika akan memulai usaha, jangan terfokus pada tingkat kekrisisan yang terjadi di suatu daerah saja, tapi sebisa mungkin harus memutar otak antara kebutuhan masyarakat dan peluang bisnis yang akan digeluti. Usahakan untuk bersikap optimis dan penuh percaya diri.

Bisnis atau usaha yang tahan terhadap era krisis sangat dibutuhkan pada kondisi perekonomian seperti sekarang. Carilah jenis usaha yang selalu dibutuhkan oleh orang banyak meskipun dalam kondisi sedang carut-marut. Berikut jenis usaha favorit yang bisa bertahan meski di era krisis, yang mungkin bisa jadi pilihan buat anda yang sedang mencari jenis usaha.

Pertama adalah bisnis air minum isi ulang. Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat dibutuhkan semua orang dalam kondisi apapun dan dimanapun. Sampai kapanpun manusia akan membutuhkan air bersih, entah itu hanya untuk sekedar menanak nasi ataupun menyeduh teh.



Kedua adalah bisnis jual bensin eceran. Walaupun hanya bisnis kecil, yaitu mengecer bensin dipinggir jalan, namun bisnis bensin eceran sangat efektif untuk dapat dijadikan peluang bisnis yang akan bisa bertahan dalam kondisi sulit. Apalagi saat ini jumlah kendaraan riap tahun tiap meningkat, dan mereka membutuhkan bahan bakar untuk mengoperasikannya. Kadang ada juga yang kehabisan bensin ditempat tak terduga, dan siapa tahu ditempat tak terduga itulah posisi anda membuka bisnis ini. Untuk yang memiliki rumah di pinggir jalan raya, sangat efektif jika memilih usaha ini sebagai ladang usaha.


 
Ketiga adalah usaha loket online. Perkembangan internet membuka peluang untuk munculnya beragam jenis usaha yang bersifat online, salah satunya usaha Loket online atau bisa disebut dengan multifinance. Bisa dibilang ini adalah bisnis yang tidak pernah sepi setiap bualannya. Karena setiap bulan, orang akan melakukan pembayaran rutin seperti listrik, PDAM, telepon, tivi langganan, tagihan internet, dan lain sebagainya. Selagi sistem tagihan bisa dilakukan secara online, bisnis ini akan terus berjaya.



Keempat adalah bisnis berjualan toko kelontong. Jika dibilang, se krisis apapun, pasti masyarakat akan membutuhkan makan dan keperluan rumah tangga setiap hari. Toko kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari adalah alternatif jenis usaha yang menjanjikan. Meski membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi pendapatan dari bisnis ini bisa diandalkan.

Kelima adalah bisnis fotocopy dan ATK. Bisnis ini tidak akan pernah surut, apalagi jika lokasi kita dekat dengan kampus, sekolah, atau kantor. Fotocopy dan ATK akan sangat dibutuhkan oleh kalangan pekerja atau mahasiswa. Jenis usaha ini tergolong bisnis yang menjanjikan untuk bisa bertahan dalam kondisi krisisseperti sekarang.

Demikian beberapa celah jenis usaha yang bisa diambil untuk memulai usaha bisnis di era krisis yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia akan selalu menjadi peluang tersendiri bagi yang mempunyai insting berbisnis.

Apakah anda mau mencobanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada ide, saran, atau kritik, silakan tulis disini :