Kamis, 27 April 2017

Tips Memilih dan Memasang Antena TV dengan Tepat dan Benar

Antena TV (gambar : Bukalapak)

Salah satu piranti elektronik yang hampir dimiliki dan ada disetiap rumah adalah televisi. Bahkan ada rumah yang memiliki televisi lebih dari satu, rata-rata alasan mereka adalah karena selera masing-masing anggota keluarga berbeda, ada juga karena keperluan bermain game. Bagi sebagian besar masyarakat, televisi menjadi alat hiburan utama. Dibanding media informasi lainnya, televisi berfungsi sebagai media pengantar informasi yang lebih detail dan terpercaya, sebab tidak sembarangan orang atau perusahaan memiliki hak siar televisi.

Dalam menyajikan siaran, Pesawat televisi tidak bekerja sendiri, dia butuh piranti pendukung untuk menghasilkan gambar yang bagus, piranti tersebut adalah antena tv . Jika dulu antena TV menjadi satu paket dengan unit televsi, sekarang ini dengan banyaknya stasiun TV diperlukan antena eksternal yang lebih mumpuni agar bisa menerima siaran dari berbagai stasiun TV.

Antena harus dimiliki dan dihubungkan ke televisi sebagai media penangkap siaran atau gelombang. Tanpa antena, televisi tidak dapat bekerja dengan maksimal. Meski dahulu ada juga televisi yang sudah dilengkapi dengan antenna (internal,  antena luar mutlak diperlukan jika ingin pesawat televisi bisa menangkap siaran dari berbagai stasiun TV.

Saat ini banyak sekali jenis-jenis antenna TV yang dijual di pasaran, yang semuanya mengklaim bahwa produknya paling bagus dibanding yang lain. Namun perlu diketahui bahwa ada beberpa faktor lain yang menentukan apakah gambar tampilan televisi tersebut bagus atau tidak, meski kita sudah membeli antena mahal dan model terbaru.  

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tampilan layar televisi di rumah Anda:

  • Lokasi rumah atau ketinggian antena di pasang.
  • Posisi antena atau arah antena.
  • Besar kecil daya tangkap antena tersebut.
  • Iklim atau angin.
  • Kecocokan antena dengan televisi.

Dengan melihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi tampilan gambar dan suara di televisi, Anda sebaiknya memilih antena tv yang cocok dengan pesawat televisi dan kemudian memasangnya dengan benar agar mendapatkan semua siaran yang ada. Berikut ini adalah cara pemasangan antena yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan hasil tampilan yang bersih dan jernih:

  • Buatlah sambungan kabel antena menggunakan kabel yang utuh dan bukan sambungan.
  • Tentukan posisi antena sehingga mendapatkan hasil gambar yang maksimal dan lengkap.
  • Semakin tinggi antena juga semakin baik, namun perhatikan ketinggiannya agar tetap dalam jarak yang aman dari petir.
  • Usahakan panjang kabel tidak banyak tersisa dari antena hingga televisi sehingga tidak ada panjang kabel yang harus digulung.
  • Pastikan semua saluran dapat ditangkap dan mendapatkan gambar yang baik sebelum mengelem kabel secara permanen.


Meskipun banyak produk antena yang mengklaim bahwa produk mereka paling bagus, namun rasanya kurang tepat jika posisi rumah kita memang berada di titik yang minim sinyal. Jika Anda membeli antena dengan harga mahal namun hanya memasangnya di tempat yang asal-asalan maka bukan tidak mungkin hanya beberapa siaran televisi saja yang dapat Anda tangkap. Ada baiknya membeli antena TV yang sudah cocok dengan pesawat televisi Anda sehingga dapat bekerjasaman untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Merk antena juga dapat dijadikan prioritas karena semakin terkenal dan terpercaya suatu merk pastinya produk yang dihasilkan juga berkualitas. Nah, selamat memilih antena ya gais.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada ide, saran, atau kritik, silakan tulis disini :